Fakta Pencegahan Infeksi Saluran Kemih Menurut Direktori Penyakit SehatQ.com

Infeksi saluran kemih dinyatakan sebagai jenis penyakit infeksi urutan kedua terbanyak dialami pasien, terutama pada wanita yang memang banyak mengalami masalah dengan saluran kemih. Hal tersebut ada dalam direktori penyakit yang dijelaskan oleh para pakar di SehatQ.com dan Aplikasi SehatQ. Walaupun, sangat tidak menutup kemungkinan juga banyak terjadi pada pria. 

Faktor utama yang menyebabkan terjadinya infeksi saluran kemih adalah kurangnya minum air putih dan sering menahan buang air kecil. Oleh karena itu, sangat fatal akibatnya jika dua hal tersebut dilakukan terus menerus. Bagi yang belum pernah mengalaminya atau pernah tapi belum terlalu beresiko, ada beberapa cara pencegahannya yaitu:

Cukupkan Minum Air Putih
Semuanya pasti mengatakan bahwa air putih memang obat paling mujarab untuk penyakit apapun, terutama salah satu faktor untuk mencegah suatu penyakit. Karena, selain air putih memang sangat dibutuhkan oleh seluruh manusia di dunia sebagai pemenuhan cairan yang dibutuhkan dalam tubuh juga memiliki fungsi yang sangat banyak. 

Khususnya dalam hal penyakit ini, dimana yang merupakan faktor utama penyebab timbulnya infeksi pada saluran kemih.  Oleh karena itu, penuhilah kebutuhan minum Anda dengan air putih yang cukup yaitu kurang lebih 2 liter dalam sehari. 

Termasuk salah satunya yang paling penting adalah meminum air putih pada saat setelah berhubungan intim dengan pasangan, karena seseorang yang aktif melakukan hubungan seksual beresiko lebih tinggi terkena infeksi ini dibandingkan yang kurang aktif.

Jangan Menahan Buang Air Kecil
Penyebab utama kedua menurut direktori penyakit yang diinformasikan pada artikel aplikasi SehatQ.com, yaitu menahan buang air kecil yang sangat tidak baik untuk saluran kemih. Usahakan dalam keadaan apapun tidak menahan buang air kecil, kecuali dalam keadaan terdesak dan tidak lebih dari sekali. 

Membasuh Salurah Kemih dengan Benar
Mungkin banyak yang belum mengetahui informasi yang satu ini, yaitu mengenai cara membasuh saluran kemih dengan baik dan benar. Karena, hal ini juga bisa mencegah infeksi saluran kemih. Cara terbaik dan paling benar adalah dari arah depan ke belakang, tujuannya agar bakteri yang terdapat di anus tidak menyebar pada salurah kemih.

Hindari Pemakaian Produk Tertentu
Menurut pakar kesehatan atau medis, ada beberapa produk tertentu yang dikenal sebagai produk kecantikan atau kesehatan yang bisa memicu terjadinya penyakit saluran kemih ini. Produk yang berbentuk bedak, spray atau deodorant ini bisa membuat iritasi saluran kemih Anda. 

Oleh karena itu, jika Anda memakai suatu produk yang membuat gejala seperti merasa sering ingin buang air kecil atau merasa nyeri ketika buang air kecil maka hentikan pemakaiannya.

Ganti Alat Kontrasepsi
Bagi pasangan yang sedang memakai alat kontrasepsi, dikatakan dalam aplikasi SehatQ bahwa ada beberapa alat kontrasepsi yang juga bisa membuat gejala infeksi saluran kemih muncul. Jika hal tersebut terjadi, segera ganti alat kontrasepsi tersebut dengan jenis yang lain.

Konsultasi ke Dokter
Selain pencegahan mandiri di atas, ada baiknya Anda juga berkonsultasi pada dokter baik sebelum terjadinya gejala untuk pencegahan maupun sudah yang bertujuan untuk mengobatinya segera. Jangan memilih untuk mencari obat tertentu sendiri ke apotik, karena akan sangat berbahaya efek sampingnya. 

Lakukanlah dengan sebaik-baiknya cara pencegahan infeksi saluran kemih dengan kegiatan di atas, informasi ini pun sudah dibenarkan oleh para pakar kesehatan. Berdasarkan direktori penyakit SehatQ.com atau Aplikasi SehatQ yang menjelaskan mengenai informasi penyakit saluran kemih ini, mengatakan bahwa jika penyakit ini tidak dilakukan pencegahan ataupun diatasi segera dengan pengobatan ke dokter maka akan meningkat satu tingkat menjadi penyakit ginjal. Tentunya bukan hal itulah yang Anda inginkan, dan informasi inipun juga bisa didapat dengan mengakses website SehatQ.com. 

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama